Minggu, 30 November 2014

PERKEMBANGAN BISNIS FRANCHISE

BISNIS FRANCHISE di INDONESIA

  • SEJARAH FRANCHISE di INDONESIA

Di Indonesia, Franchise sering disebut juga dengan waralaba. Kata “franchise” dapat kita artikan sebagai “Waralaba” ( wara = lebih, dan laba = untung ), Jadi, waralaba, kita dapat artikan menjadi “ Lebih Untung”.
Franchise mulai dikenal pada sejak tahun 70an, yaitu ketika masuknya Shakey Pisa, KFC, Swensen dan juga Burger King. Pada tahun 1995, perkembangan bisnis franchise ini mulai berkembang dengan sangat pesatnya.

Menurut Data Deperindag, pada tahun 1997, tercatat sekitar 259 perusahaan penerima franchise di Indonesia. Setelah itu, usaha franchise mengalami kemerosotan karena terjadinya krisis moneter pada saat itu.


Hingga para penerima franchise asing terpaksa menutup usahanya karena nilai rupiah yang sedang turun saat itu. Hingga tahun 2000, franchise asing masih menunggu untuk masuk kembali ke Indonesia. Hal itu karena disebabkan karena kondisi ekonomi dan politik yang masih belum stabil. Dan juga karena adanya perseteruan para elite politik. Barulah pada tahun 2003, usaha franchise di tanah air muali mengalami perkembangan yang pesat.

  • CONTOH PERUSAHAAN FURCHASE di INDONESIA

McDonald’s Corporation ( yang dikenal dengan sebutan McD ) adalah rangkaian rumah makan siap saji terbesar di dunia. Hidangan utama di restoran ini adalah hamburger, namun disini juga menyediakan minuman ringan, kentang goreng, filet ayam, ice cream, dan hidangan-hidangan lokal yang disesuaikan dengan tempat restoran itu berada.

Restoran McDonald’s pertama didirikan oleh dua bersaudara yaitu Dick dan Mac McDonald pada tahun 1940, namun kemudian dibeli oleh Ray Kroc dan diperluas ke seluruh dunia.
Sampai pada tahun 2004, McDonald’s memiliki 30.000 restoran di seluruh dunia dengan jumlah pengunjung rata-rata 50.000.000 orang dan pengunjung per hari.

Lambang MacDonald’s adalah dua busur berwarna kuning yang biasanya dipajang diluar restoran mereka, yang memungkinkan pengunjung segera mengenali bahwa restoran tersebut adalah restoran McDonald’s

Franchisor dapat membuat uang dalam berbagai cara, yaitu :

1.  Menjual franchise kepada franchisee
2.  Menjual perlengkapan ke franchisee
3.  Mengumpulkan presentase penjualan

Beberapa keuntungan bagi Franchisor :

1.  Produk atau jasa terdistribusi secara luas tanpa memerlukan biaya produksi dan biaya investasi.
2.  Produk atau jasa dikonsumsi dengan mutu yang sama.
3.  Keuntungan dari royalti atau penjual lisensi.
4.  Bisnisnya berkembang dengan cepat di banyak lokasi secara bersamaan yang dapat meningkatkan      keuntungan.

Beberapa keuntungan bagi Franchisee :

1.  Popularitas produk atau jasa sudah dikenal oleh konsumen yang dapat menghemat biaya                      promosi.
2.  Mendapatkan fasilitas-fasilitas manajemen tertentu
3.  Mendapatkan image sama dengan Franchisor

Beberapa kerugian bagi Franchisee :

1.  Biaya starup cost yang tinggi.
2.  Tidak bebas dalam  mengembangkan usahanya karena berbagai peraturan yang telah ditetapkan        Franchisor.
3.  Terikat pada pembelian bahan untuk produksi roduk atau jasa yang akan dijual.
4.  Harus jeli dan tidak terjebak pada isi perjanjian dengan Franchisor.

Masalah-masalah dalam membeli Franchise, yaitu :

1. Franchisee harus berhati-hati dalam mengevaluasi minat dan kemampuan agar dapat menemukan       industri yang tpat, sehingga bisnis bisa berjalan dengan lancar.
2. Setiap calon Franchisee harus meneliti industri yang akan dibeli, potensi kompetitor dalam industri         tersebut, dsb.
3. Hati-hati memeriksa kekuatan kompetitif waralaba di berbagai industri.
4. Mengidentifikasi sebuah Fanchisor yang sesuai dengan potensi yang terbaik.
  • KESIMPULAN 

    Franchase sangat mendukung perekonomian karena membantu mensejahterakan dan mengurangi angka pengangguran yang semakin meningkat. Hal ini bisa membuat pertumbuhan ekonomi para pengusaha-pengusaha baru untuk membangun sebuah perusahaan yang telah ada sehingga ekonomi di Indonesia menjadi semakin baik dan maju, juga dapat bersaing menghadapi perekonomian bebas dimasa yang akan mendatang. Franchise juga memiliki keuntungan dan kerugian yang kita juga dapat ketahui supaya dapat mengatasi masalah-masalah yang akan kita hadapi saat menjalankan usaha tersebut.

Referensi : http://amellhusna.ngeblogs.com/2011/11/26/perkembangan-bisnis-secara-franchise/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar