Rabu, 08 Juni 2016

Spesifikasi Mercedez-Benz O-500 / OH-1830 di Indonesia



Mercedes-Benz merupakan salah satu yang menguasai pasar mobil, truk dan bus Indonesia. Saat ini Mercedes-Benz menghadirkan chasis baru untuk bus dan hanya 40 unit yang dijual di Indonesia yaitu MB O500 / OH 1830, keluaran terbaru dari Mercedes-Benz yang saat ini sedang tenar-tenarnya, tidak cuma di kalangan pengusaha bus tetapi juga para fans penggemar bus. Chassis ini memang beda dengan Chassis-chassis sebelumnya. paling mencolok adalah penggunaan teknologi frame space, dengan teknologi ini menggantikan model chassis konvensional pada umum yang menggunakan besi besar atau ladder frame.

Spesifikasi Teknis  OH-1830

Engine             : OM926LA Euro III
Type                : 6 Cylinder in line
Power max      : 300 hp/2200rpm
Torque max     : 1200nm/1400rpm
Dispacement   : 7201cm3
Transmission   : ZF S6-1550 6 speed
Suspension      : Air Suspension
Steering           : ZF 8098
Tyres               : 8.25 x 22.5


Chassis ini terdiri dari 2 modul, front modul (driver compartement dan front axel) dan rear modul (rear axel dan engine compartement). Engine OH 1830 keluar dari ATPM di hubungkan dengan sebuah chassis sementara yang pendek untuk pengiriman ke karoseri-karoseri, tetapi sesampainya di karoseri akan di lepas menjadi 2 bagian, Kemudian Chassis akan di rancang dan di buat oleh karoseri dengan standart material chassis yang di awasi langsung dari pihak Mercy. 
Chassis space frame di bangun menggunakan pipa-pipa kotak (Bahan Material recomendasi dari Mercy) yang bertujuan untuk memberikan ruang bagasi yang ekstra besar, sehingga sangat cocok untuk bus pariwisata atau bis antar propinsi dimana penumpang sering membawa barang bawaan yang banyak.

Suspensi depan menggunakan 2 airbellow dengan 4 telescopic shock absorbers. Suspensi belakang memakai 4 airbellow dengan 4 telescopic shock absobers. Rem depan dan belakang sudah menggunakan discbrake serta dilengkapi dengan hydarulic retarder dan ABS. 
Chassis O500/OH1830 menggabungkan keunggulan teknologi suspensi dan mesin kepunyaan Mercedes-Benz, memberikan kinerja tinggi dalam beban yang berat dan kondisi jalan yang tidak menentu. Built-in air suspension dan penempatan mesin di belakang memberikan kenyamanan dan keamanan untuk penumpang. O500/OH1830 tersedia dalam transmisi otomatis dan retarder terintegrasi.

Dari sisi mesin sendiri OH 1830 ini menggunakan mesin tipe OM926LA 6 silinder 7200 cc bertenaga 300hp. Dibandingkan Scania atau Ankai, OH1830 memiliki mesin yang lebih kecil tapi memiliki power dan torsi yang cukup besar. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar